Aplikasi Stok Obat Berbasis Desktop Pada Puskesmas 11 Ilir Palembang

Penulis

  • Nayra Alya Universitas MDP
  • Inayatullah Universitas MDP

Kata Kunci:

Application, Desktop, Health Center, Medicine, Stock

Abstrak

Teknologi informasi saat ini berkembang dengan sangat cepat sehingga jika tidak mengikuti perkembangan teknologi saat ini maka akan ketinggalan. Puskesmas 11 ilir merupakan salah satu unit pelayanan kesehatan yang ada di Jl. Slamet Riady No.455, 11 Ilir, Kec. Ilir Tim. II, Kota Palembang. Saat ini terutama pada bagian farmasi belum mempunyai aplikasi khusus untuk mengelola data obat masuk dan keluar, proses yang berjalan pada saat ini yaitu bagian farmasi memanfaatkan teknologi Microsoft Excel yang digunakan untuk pembuatan laporan obat dan untuk mengelola obat masuk dan keluar menggunakan kartu stok. Proses yang seperti ini dapat menyebabkan berbagai permasalahan sehingga diperlukannya sebuah aplikasi khusus untuk mengelola data obat masuk dan keluar yang dapat memecahkan permasalahan yang saat ini sedang dihadapin. Tujuan dari pembuatan aplikasi stok obat berbasis desktop pada Puskesmas 11 Ilir Palembang yaitu agar dapat mempermudah bagian gudang dan bagian pelayanan dalam pengelolaan obat masuk dan keluar, dapat meminimalkan waktu yang dibutuhkan untuk mengetahui persediaan stok obat serta dapat mencetak laporan obat. Metode yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini yaitu menggunakan metode iterasi dan menggunakan database mysql. Demikian dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang telah dibuat dapat membantu bagian gudang dan bagian pelayanan dalam mencatat, menyimpan, mengetahui jumlah stok, proses pencarian data, serta dapat mencetak laporan data obat gudang dan obat pelayanan.

Referensi

Alita, D., Fernando, Y., & Sulistiani, H. (2020). IMPLEMENTASI ALGORITMA MULTICLASS SVM PADA OPINI PUBLIK BERBAHASA INDONESIA DI TWITTER. Jurnal TEKNOKOMPAK, 14(2), 86.

Apriyanto, & Armando Zulva Maulana. (2020). Pembuatan Aplikasi Persediaan Obat Berbasis Web Untuk Puskesmas. Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 5.

ENDAH TITANIA MUTIARA. (2021). APLIKASI DATA PENERIMAAN TAMU MENGINAP PADA BALAI PELATIHAN KESEHATAN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN. https://scholar.google.co.id/

Novan Wijaya, Adelia Rizky Febriyanti, & Anton Wibowo. (2020). Aplikasi Pengelolaan Data Kepegawaian Berbasis Web Pada PT. Pelayaran Sakti Inti Makmur Palembang. Jurnal SISFOKOM (Sistem Informasi Dan Komputer), 9, 42–50.

Patrick R.I. Lontoh, Alwin M. Sambul, & Hans Wowor. (2021). Aplikasi Inventory Obat-Obatan Berbasis Web Di Pusat Kesehatan Masyarakat. Jurnal Teknik Informatika, 16.

Prasetyo, A., & Syaifulloh, A. (2018). Perancangan Aplikasi Toko Online Calgan MWS Berbasis Mobile Web Menggunakan Framework Codeigniter. JIMP-Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 3(3), 57–63.

Putra Fhonna, R., Ar, M., Novaliani, M., Sembiring, B., Sistem, [, Pegawai, I. A., Biro, P., Kantor, K., Kabupaten, B., Utara, A., Web, B., Informasi, S., Pegawai, A., Utara Berbasis, A., Rizky, W., & Fhonna, P. (2021). JIKOMSI [Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi]. JIKOMSI [Jurnal Ilmu Komputer Dan Sistem Informasi], 3(3), 333–340.

Susanto, E., Utami, T. H., Hermanto, D., Gi Mdp, S., Mdp, A., Rajawali, J., & 14 Palembang, N. (2019). Sistem Informasi Pemesanan Laundry Berbasis Android Di Kota Palembang. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 5(2), 162–172.

Yodhi Yuniarthe, Fatimah Fahurian, & Icha Nuari. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Dekstop Sistem Persediaan Obat Pada Apotek (Studi Kasus : Apotek Assifa Lampung). Jurnal Teknologi Dan Informatika (JEDA), 2, 42–53.

Yusuf Amerta, & Mira Ziveria. (2020). Sistem Informasi Persediaan Obat di Puskesmas Sepatan Tangerang. Jurnal Sains Dan Teknologi, 7.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-27